KOMUNIKASI
DALAM ORGANISASI
Komunikasi itu dapat diartikan
sebagai alat atau media pengirim informasi. Komunikasi sangat penting dalam
suatu organisasi, karena dengan adanya komunikasi akan memudahkan kita untuk
mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai dari organisasi tersebut. Banyak
penggolongan komunikasi yang bisa kita pakai dalam suatu organisasi. Salah
satunya kita dapat menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi
verbal itu adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tulisan sedangkan
komunikasi nonverbal itu kita bisa mengetahui komunikasinya dari raut wajah
seseorang dan intonasi suaranya. Dalam jaringan komunikasi pasti ada kelebihan
dan kekurangannya. Contohnya jaringan komunikasi roda, jaringan ini
kecepatannya sangat tinggi namun sulit untuk menyesuaikan diri terhadap suatu
perubahan pekerjaan. Komunikasi dalam suatu organisasi pasti tidak akan selalu
berjalan dengan mulus pasti akan ada saja hambatannya. Hambatan yang sangat
berpengaruh adalah hambatan komunikasi. Karena komunikasi itu adalah kunci
utama dalam menjalankan suatu organisasi agar organisasi tersebut bisa berjalan
dengan lancar dan bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
Pertanyaan :
1. Dalam organisasi pasti ada yang aktif dan pasif. Bagaimana
cara komunikasi antara yang aktif dan pasif itu bisa menjadi lancar ?
Jawab
: Didalam suatu organisasi itu kita
harus melakukan musyawarah untuk bisa saling bertukar pikiran. Caranya yang
aktif tersebut merangkul yang pasif tersebut agar yang pasif itu bisa menjadi
aktif. Salah satunya dengan membuat suatu event agar organisasi itu bisa saling
bekerjasama.
2. Jenis-jenis komunikasi yang paling efisien !
Jawab
: Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa
adanya perantara.
3. Sebutkan jaringan komunikasi yang paling efisien untuk
diterapkan !
Jawab
: Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa
perantara.
4. Cara memecahkan masalah hambatan komunikasi dalam organisasi
!
Jawab
: Mengatasi dengan umpan balik, penerima harus mengetahui latar belakangnya,
dan susun informasi secara rinci.
5. Upaya agar organisasi itu bisa menjadi lebih eksis dan mampu
menjalankan fungsinya secara optimal !
Jawab
: Dalam suatu organisasi harus bisa berkomunikasi dengan baik salah satunya
komunikasi antara atasan dengan bawahannya. Kalau komunikasinya baik otomatis
organisasi itu akan tetap eksis.
6. Contoh kasus masalah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
!
Jawab
:Contoh kasusnya ada salah satu perusahaan yang meminta atasannya agar
perusahannya maju kembali. Salah satunya intansi IBM, intansi ini nonaktif
dalam produksi, ia meminta masukkan agar instansi itu bisa berdiri kembali dan
menjadi aktif lagi.
7. Faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam
organisasi !
Jawab
: Didalam suatu organisasi pasti ada saja hambatannya. Faktor utama yang
menghambat suatu komunikasi dalam organisasi yaitu faktor manusiawi dan faktor
emosional.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan