Sabtu, 29 November 2014

OPEN OFFICE

CALC

hey... jagat maya kali ini gue mau kasih tau bikin tabel calc di open office jadi cekidot ya gaiss..:
Bukalah OPENOFFICE yang ada untuk membuat calc. dan pilihlah SPREADSHEET untuk membuat TABLE/CALC
Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini.
Dan barulah kita bisa mengerjakan table tersebut dengan mengisi kolom-kolom table dengan judul: LAPORAN PERSEDIAAN BARANG
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
Setelah menegtik apa yang di perintahkan langkah selanjutnya adalah menghapus salah satu kolom tersebut dengang cara memblok satu kolom klik kana lalu delete colums maka akan hilang salah satu kolommnya
dan ketika akan menambah satu kolomnya maka yang di lakukan adalah klik kanan dan pilih insert colums maka otomatis kolom tersebut akan bertambah
Dan setelah menambah kolom tersebut tahap selanjutnya adalah memberikan judul di atas, karena kolom tersebut di batasi yang akan dilakukan adalah menghilangkan batasannya untuk memberikan tempat judul caranya dengan blok kolom rows dan setelah itu kik merge cells. Dan akan menambahkan kolom di bawahnya untuk jumlah total, harga tertinggi, harga terendah dan harga rata-rata
Dan setelah itu barulah menghitung seluruhnya;
total harga: =(E3*G3)
jumlah total harga: =SUM (G3:G7)
harga tertinggi:=MAX(G3:G7)
harga terendah:=MIN(G3:G7)
harga rata rata:=AVERAGE(G3:G7)
                                               
Dan selanjutnya akan membuat kolom kedua dengan judul: LAPORAN NILAI MAHASISWA
Pertama-tama isi kolom tersebut sesuai perintah, seperti sebelumnya 
Setelah semua terisi berilah judul yang di kolom atas dan menggunakan merge cells
 
Dan setelah itu mengisi rangkuman dan keterangan menggunakan rumus
Rangkuman: =(C3*70%+D3*30%)
Keterangan: =if(E3>=80;”lulus”;”tidak lulus”)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan